-->

Maluku Utara Siapkan 33 Event Pariwisata pada 2018

Maluku Utara Siapkan 33 Event Pariwisata pada 2018JAKARTA, LELEMUKU.COM - Sepanjang 2018, Provinsi Maluku Utara telah menyiapkan 33 event, tiga di antaranya masuk dalam Top 100  Calendar of Events (CoE) Nasional 2018 yang dilaunching oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Jakarta, Selasa (13/3)

Ketiganya terdiri dari Festival Tidore di Kota Tidore Kepulauan pada 23 Maret–12 April 2018, Festival Teluk Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat pada 3–5 Mei 2018 dan Festival Kora-Kora di Kota Ternate pada 1-3 Desember 2018.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku Utara H. Muhammad Natsir Thaib menegaskan kemajuan pariwisata Maluku Utara telah dirasakan dengan ditetapkannya Pulau Morotai sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas untuk dijadikan menjadi “Bali Baru” yang percepatan pembangunannya tengah dilakukan. 

“Pariwisata di Maluku Utara semakin berkembang dengan didukung unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) yang semakin baik,” kata Natsir Thaib.

Selain itu, lanjutnya, Provinsi Maluku Utara ingin mengembangkan diri menjadi destinasi marine tourism kelas dunia, mengingat potensi wisata bahari yang dimiliki serta letak geografisnya sangat menunjang untuk mewujudkan keingingan itu. 

“Di antara pulau-pulau yang ada di Maluku Utara sangat cocok dikembangkan sebagai marine tourism. Saat ini di Pulau Jailolo sudah mulai dikembangkan marine tourism oleh pengusaha profesional,” kata Natsir Thaib.

Ternate, Tidore, Bacan dan  Jailolo sejak lama sekitar Abad XIII sudah dikenal masyarakat dunia sebagai sumber rempah dunia, dan Maluku Utara memiliki keunggulan dalam wisata sejarah karena terdapat banyak benteng peninggalan dari Bangsa Portugis, Spayol, Inggris, serta situs peninggalan Perang Dunia II dari Jepang dan Amerika Serikat.

Peluncuran CoE Provinsi Maluku 2018 diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang ditargetkan mencapai 11.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan 350.000 pergerakan wisatawan nusantara (wisnus), sekaligus mendukung target pariwisata nasional tahun 2018 sebanyak 17 juta wisman dan 270 juta wisatawan nusantara. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel