-->

Syarif Hadler Tandatangani 224 MoU Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades)

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) Bidang Perikanan dengan PT. Aruna Jaya Nusantara dalam Acara Jakarta Food Security Summit-4 yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 Maret, bertempat di Jakarta Convention Center, Kamis (8/3).

Prukades merupakan usaha membangun kemitraan antara petani dan peternak di desa dengan pihak swasta, yang menjadi salah satu program prioritas Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). (MP).

Prukades adalah salah satu dari empat prioritas utama Kementerian Desa PDTT sebagai usaha membangun kemitraan antara petani dan peternak di desa dengan pihak swasta. Pihak swasta di sini bertindak sebagai off taker, pembeli produk dalam skala besar, sekaligus pembina agar penduduk desa dalam kegiatannya menghasilkan produk yang konsisten bermutu. 

Karena skala produk yang akan dikelola dalam kerja sama tersebut besar, dianjurkan agar kerja sama pada tingkat kabupaten/kota dilakukan antar Bumdes, sehingga di kabupaten/kota bisa ada beberapa Bumdes yang membentuk Bumdes Bersama atau Prukades, kemudian mengelola produk yang sama dan bekerja sama dengan kalangan swasta sebagai mitranya. 

Kerja sama dengan mitra kerja tersebut tidak menghambat setiap desa membangun kerja sama lain dalam mengolah produk ikutan yang tidak diambil oleh mitra utamanya. 

Sekitar 224 nota kesepahaman ditandatangani antara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) yang mewakili pemerintah pusat, dengan 102 bupati dari seluruh Indonesia dan 66 perusahaan swasta. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel