-->

Pemkab MTB Gelar Lokakarya Skema Pembiayaan Infrastruktur 2018

Pemkab MTB Gelar Lokakarya Skema Pembiayaan Infrastruktur 2018 SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melalui Bagian Pembangunan menggelar lokakarya skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) terkait pembiayaan pembangunan infrastruktur di Kepulauan Tanimbar Tahun 2018.

Dalam sambutan Bupati MTB, Petrus Fatlolon, SH., MH yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah (Setda) MTB dr. Edwin Thomasoa  mengatakan KPBU adalah kerjasama antara pemerintah dan badan usaha dalam menyediakan infrastruktur untuk kepentingan umum.

“Dengan mengacu kepada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh penanggung jawab proyek kerjasama, yang seluruhnya menggunakan sumber daya badan usaha dengan memperhatikan pembagian risiko antara para pihak,” kata ia di gedung Kesenian Saumlaki, pada Senin (28/05).

Bupati Fatlolon mengungkapkan ketersediaan infrastruktur yang memadai dan berkesinambungan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mendukung pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan perekonomian nasional, mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan daya saing Indonesia dalam persaingan global.

“Serta untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, diperlukannya langkah-langkah yang komprehensif guna menciptakan iklim investasi untuk mendorong keikutsertaan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur dan layanan berdasarkan prinsip-prinsip usaha sehat,” ungkap dia.

Fatlolon menekankan masalah pokok dalam pembangunan daerah adalah terletak pada penekanan terhadap kebijakan-kebijakan pembangunan yang didasarkan pada kekhasan daerah yang bersangkutan dengan menggunakan potensi sumberdaya manusia, sumberdaya alam, sumberdaya finansial dan sumberdaya kelembagaan.

“Orientasi ini mengarahkan kita kepada pengambilan inisiatif-inisiatif yang berasal dari daerah dalam proses pembangunan untuk mensiptakan kesempatan kerja baru dan merangsang peningkatan kegiatan ekonomi,” tekannya.

Bupati Fatlolonpun berharap melalui kegiatan lokakarya ini dapat memberikan output yang baik bagi percepatan pembangunan infrastruktur yang didukung dengan penganggaran yang efektik dan efisien serta berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Duan Lolat.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat hingga terlaksananya kegiatan ini, semoga dapat memberi kontribusi yang baik bagi kesejahteraan masyarakat Tanimbar,” harap dia.

Hal senada juga dibeberkan oleh Ketua Penyelenggara, Inocent R. Zudy, maksud dan tujuan dari lokakarya ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antara Pemerintah dengan Badan Usaha dan pihak Swasta terkait pembiayaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten MTB.

Dan untuk mendapatkan gambaran serta informasi yang akurat tentang pelaksanaan kerjasama antara pemerintah dengan Badan Usaha terkait pembiayaan pembangunan infrastruktur.

“Terjalinnya kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan Badan Usaha,” beber dia.

Zudy menguraikan beberapa infrastruktur yang dapat dikerjasamakan dalam skema KPBU meliputi infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial, diantaranya infrastruktur transportasi, jalan, sumber daya air dan irigasi, ar minum, system pengelolaan air limbah, system pengelolaan persampahan, telekomunikasi dan informatika, ketenagalistrikan.

“Infrastruktur minyak, gas bumi dan energy, konservasi energy, fasilitas perkotaan, fasilitas pendidikan, fasilitas sarana dan prasarana olahraga serta kesenian, kawasan, pariwisata, kesehatan, lembaga pemasyarakatan dan perumahan rakyat,” urai ia.

Narasumber dalam lokakarya tersebut adalah dari Bapenas Direktorat kerjasama Pemerintah Swasta oleh Novie Andriani dan Elisabeth Ria, PT. PII Direktorat Eksekutif Bisnis, yaitu  Rizka Anandita dan Allendra Taher dan dari Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Pendapatan Daerah ialah Deshi Fiesthienty dan Agung Irwanto.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) MTB Piet Kait Taborat, Wakil Ketua II DPRD Ema Labobar, Sekretaris DPRD Herman Yoseph Lerebulan dan  2 anggota DPRD Dani Amarduan dan Balthasar Lalamafu, Staff Ahli Bupati, Pimpian Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para pimpinan bank, para direktur perusahaan, rohaniawan. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel