-->

Polres MTB Siap Amankan Pilgub Maluku 2018

Polres MTB Siap Amankan Pilgub Maluku 2018
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, AKBP Raymundus Andhi Hedianto, SIK menyatakan pihaknya siap mengamankan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku tanggal 27 Juni 2018.

“Polres siap mengamankan Pilkada Serentak 2018, khususnya di Kabupaten MTB,” ujar dia saat memaparkan kesiapan Operasi Mantap Praja Siwalima 2018 Pengamanan Pilgub Maluku 2018 di ruang rapat Polres MTB, pada Jumat (22/6).

Dari kegiatan itu Kapolres Raymundus memaparkan tentang Ploting Personil, Pergeseran Pasukan (Serpas), Pergeseran Personil, Kuat Personil dan Pola pengamanan, Skema penyelenggaraan dan pengamanan pada tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), wilayah rawan karena susah komunikasi, transportasi dan tidak ada sinyal, data personil yang melaksanakan pengamanan TPS dan Daftar Pemilih (DP) Tambahan.

Ploting personil yang tergabung dalam Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Kepolisian Daerah (Polda) Maluku yaitu Brimob sebanyak 40 personil dan Gabungan Staf sebanyak 30 personil serta  20 personil dari Yonif 734/SNS Saumlaki, 186 personil dari Kodim 1507 Saumlaki, 10 personil dari Lanal Saumlaki dan 10 personil dari Satuan Radar 245 Saumlaki.

Serpas pada masing-masing kecamatan diantaranya Kecamatan Selaru berjumlah 26 personil ditambah 18 kotak suara, Kecamatan Wermaktian berjumlah 26 personil ditambah 18 kotak suara, Kecamatan Wuarlabobar berjumlah 22 personil ditambah 15 kotak suara, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut) berjumlah 41 personil ditambah 18 kotak suara, Kecamatan Yaru berjumlah 41 personil ditambah 10 kotak suara, Kecamatan Molu Maru berjumlah 8 personil ditambah 5 kotak suara.

Selanjutnya, di Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) berjumlah 70 personil ditambah 62 kotak suara, Kecamatan Wertamrian berjumlah 25 personil ditambah 17 kotak suara, Kecamatan Kormomolin berjumlah 18 personil ditambah 10 kotak suara, Kecamatan Nirunmas berjumlah 21 personil ditambah 13 kotak suaran dan di Polres MTB berjumlah 13 personil ditambah 10 kotak suara.

Untuk pergeseran personil dan logistic dijadwalkan sudah bergeser ke Kecamatan Molu Maru dan Kecamatan Wuarlabobar pada H-4 (23/6), Kecamatan Yaru, Selaru dan Wermaktian pada H-3 (24/6) serta untuk Kecamatan Tansel, Wertamrian, Kormomolin, Nirunmas dan Larat pada H-2 (25/6) dengan menggunakan bantuan kapal dari Pemerintah Daerah (Pemda), kapal Polair, Kapak Kodim, Truk AL, Truk Yonif dan Bus Dinas Perhubungan (Dishub).

Ia pun meminta Pemda dan KPU menperjelas data DP tambahan yang berjumlah 1.800 jiwa yang bersumber dari pemilih pemula dan anak sekolah agar mempermudah pihaknya dalam melakukan pengamanan di setiap TPS dan menghindari terjadinya kecurangan serta  hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ini bisa menimbulkan suatu konflik karena disinilah nantinya ada masyarakat yang akan komplen, untuk itu saya mohon bantuannya,” pinta Kapolres.

Selain itu Ia juga mengungkapkan temuan lain yaitu adanya pendobolan identitas yaitu pendobolan nama, NIK serta tanggal lahir yang sama dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di beberapa Kecamatan.

“Ada nama ganda, NIK beda tapi tapi tanggal lahir sama, ada juga nama ganda tetapi NIK dan tanggal lahir beda serta ada NIK beda tetapi tanggal lahir sama serta nama hampir sama. Ini atsisipasi saya disini, Karena kita mau Pilkada ini berjalan dengan transparan, aman dan tertib,” ungkap Kapolres Raymundus.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati (Wabup) MTB, Agustinus Utuwaly, S.Sos menyatakan akan menindaklanjuti permintaan Kapolres untuk memastikam kejelasan dari data 1.800 jiwa DP Tambahan, Daftar nama-nama Linmas yang akan bertugas memantau jalannya Pilkada, serta akan mengkoordinasikan penggunaan 2 kapal milik Pemda dalam mendistribusikan logistic dan personil pengamanan.

“Ada dua tanggung jawab kami yaitu soal nama-nama linmas yang nanti tanggung jawabnya kami printahkan Satpol PP dan soal DP tambahan 1.800 jiwa ini menjadi tangung jawab Disdukcapil dan Kesbangpol untuk hari ini juga berkoordinasi dengan KPU,”  kata dia.

Turut hadir juga dalam kegiatan itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catan Sipil, Kepala Kesbangpol, Komandan TNI AURI Saumlaki, Komandan Kodim 1507 Saumlaki, Komandan Batalyon Infranteri 734 Satria Nusa Samudera, Pimpinan Sub Den POM Saumlaki, Jajaran Perwira Polres MTB, Panwaslukada MTB dan Awak Media. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel