-->

KPPN Saumlaki Gelar Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Oeang RI

KPPN Saumlaki Gelar Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Oeang RI
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara (MTB), Provinsi Maluku menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang atau uang Republik Indonesia (RI) ke 72 di Lapangan KPPN Saumlaki pada Selasa (30/10).

Dari rilis yang dipublikasikan KPPN Saumlaki mengatakan bahwa Kepala KPPN Saumlaki, Teguh Irwono mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Kepulauan Tanimbar untuk terus memupuk semangat menjaga keuangan Negara sejak sedari muda dan perjuangan menuju perbaikan harus selalu membara di dalam hati.

upacara itu melibatkan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Saumlaki serta para siswa-siswi dan perwakilan guru dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tanimbar Selatan (Tansel) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Tansel.

Hari Sumpah Pemuda sendiri ditetapkan dalam keputusan Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 28 Oktober 1928 yang merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Keputusan yang menegaskan cita-cita akan tanah air, bangsa dan Bahasa Indonesia ini diharapkan menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan agar disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan.

Sedangkan, Hari Oeang atau uang RI (ORI) adalah mata uang pertama yang dimiliki RI setelah merdeka. ORI resmi beredar pada 30 Oktober 1946 dan ditandatangani oleh Menteri Keuangan saat itu, A. A. Maramis.

ORI sendiri tampil dalam bentuk uang kertas bernominal satu sen dengan gambar muka keris terhunus dan gambar belakang teks Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel