Syarif Hadler Ungkap Mural Jadi Saran Sampaikan Pesan Hidup Sehat ke Warga Ambon


Syarif Hadler Ungkap Mural Jadi Saran Sampaikan Pesan Hidup Sehat ke Warga Ambon

 AMBON, LELEMUKU.COM – Melukis atau menggambar diatas media dinding atau permukaan luas atau yang lebih dikenal dengan Mural merupakan salah bentuk karya seni yang dituangkan para seniman untuk menyampaikan suatu pesan atau ajakan positif kepada masyarakat luas.

Dimasa Pandemi COVID-19, banyak pesan dan atau ajakan positif yang tak henti-hentinya disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan Lomba Mural dengan tema Ambon Sehat yang diselenggarakan, Kamis (17/9/2020) di Area Museum Siwalima,Ambon.

“Tema Lomba Mural disaat ini, diambil dari tema perayaan HUT ke-445 Kota Ambon, karena Lomba Mural yang diselenggarakan dihari ini merupakan kegiatan terakhir dalam rangka memperingati HUT Kota Ambon yang jatuh pada tanggal 7 September yang lalu,” kata Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler saat membuka lomba tersebut.

Dalam sambutannya, Wawali berharap para peserta dapat menuangkan ide dan gagasan yang dimiliki dalam bentuk gambar yang nantinya dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan ditengah masa pandemi COVID-19.

“Sesuai dengan tujuan dari Mural sendiri, yakni sebagai media untuk menyampaikan pesan dan ajakan, saya berharap para peserta dapat memberikan ide dan gagasan terbaiknya yang dituangkan dalam bentuk gambar untuk memberikan pesan dan ajakan kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan serta kebersihan lingkungan,” harap Wawali.

Wawali juga mengingatkan para peserta, bahwa kemenangan atau menjadi juara bukanlah target utama, tetapi bagaimana lewat gambar yang dikanvaskan didinding, pesan dan ajakan positif tersebut dapat diterima masyarakat. “Juara adalah bonus dari ide dan gagasan terbaik yang dimiliki saudara-saudara peserta, intinya bagaimana pesan yang ingin disampaikan Pemerintah kepada masyarakat dapat tersalurkan lewat gambar-gambar dari ide-ide cemerlang yang dihasilkan para pahlawan kesehatan dan pahlawan lingkungan disaat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, Lucia Izaac mengatakan, Lomba Mural dalam rangka memperingati HUT ke-445 Kota Ambon diikuti oleh 53 Peserta.“Lomba Mural kali ini diikuti oleh 53 peserta yang terbagi dalam tiga kategori. kategori tingkat SMP yang diikuti oleh 10 peserta, tingkat SMU yang diikuti oleh 6 peserta dan tingkat umum yang diikuti oleh 37 peserta,” jelas Kadis. (DiskominfoAmbon)

Bagi ke WA Bagi ke G+