-->

Dinas Pariwisata MTB Lakukan Sosialisasi Desa Wisata

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) MTB pada bulan Mei 2018 ini mulai melakukan sosialisasi tentang desa wisata ke seluruh desa di Kepulauan Tanimbar.

Fungsi sari sosialisasi tersebut sebagai kesempatan Disparekraf MTB bertemu dengan aparatur desa dan masyarakatnya untuk memberikan kesempatan langsung kepada mereka agar melihat kelebihan-kelebihan desa mereka sebagai desa wisata dengan syarat utamanya desa tersebut harus memiliki kelompok sadar wisata.

“Menyampaikan beberapa hal yang menjadi acuan desa wisata. Misalnya tentang beberapa potensi di desa wisata, kekayaan atraksi mereka, budaya dan dalam sisi fasilitas mereka muda terjangkau sehingga mereka sendiri merasa bahwa ada peluang untuk kita membangun itu,” kata Kepala Disparekraf MTB, Ir. Mynrik Barlolona, MT saat diwawancarai Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Kamis (04/05).

Ia menuturkan setelah melakukan sosialisasi tersebut, pihaknya akan menantikan kesiapan dari desa tersebut yang sendiri mengajukan kesiapan menjadi desa wisata dan mereka harus membentuk kelompok sadar wisata desa terlebih dulu. Setelah rampung, mereka mengajukan permohonan untuk dibentuk sebagai desa wisata kepada Bupati MTB, Petrus Fatlolon, SH., MH melalui Disparekraf MTB.

“langkah awal pembentukan kelompok sadar wisata, lalu buat mengajukan ke Bupati lewat kami. Nantinya Bupati akan mempertimbangkan untuk menetapkan Surat Keterangan (SK) tentang desa wisata sedangkan SK dari kelompok sadar wisata kami yang buat,” tutur Barlolona.

Ia menambahkan kalau ada beberapa desa yang sudah siap menjadi desa wisata dan menargetkan paling lambat bulan November 2018 pihaknya sudah menetapkan 8 desa wisata.

“Kalau ada kecenderungan mereka untuk membangun pengembangan desa pariwisata kami support. Target paling lambat bulan November. (Aksamina Masela)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel