-->

Kompolnas Gelar Kunjungan Kerja dan Pengawasan di Selaru

Kompolnas Gelar Kunjungan Kerja dan Pengawasan di Selaru
ADAUT, LELEMUKU.COM – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI menggelar kunjungan kerja dalam rangka monitoring pulau terluar di Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku dan Sosialisasi serta tatap muka dengan Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Adat (Todat) se-Kecamatan Selaru, di Desa Adaut, pada Senin (29/10).

Pulau Selaru sendiri terletak di sebelah selatan dari Pulau Yamdena, Kepulauan Tanimbar yang adalah kawasan strategis nasional karena merupakan garda terdepan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan langsung dengan Australia.

Sosialisasi itu diawali dengan Laporan Satuan Polres MTB oleh Kepala Polres MTB, AKBP Raymundus Andhi Hedianto, SIK yang berisi tentang Situasi wilayah, situasi umum, situasi kesatuan, data Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dari kejahatan konvensional, kejahatan trans-nasional, kejahatan berimplikasi kontijensi dan kejahatan yang merugikan kekayaan Negara, kemudian data polsek yang berada pada wilayah perbatasan, serta data kasus menonjol di wilayah peraiaran dan terobosan kreatif.

Dilanjutkan dengan arahan Sekretaris Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Drs. Bekto Suprapto, MSi yang menjelaskan tentang tugas dan wewenang dari Kompolnas, yaitu Lembaga Kepolisian Nasional yang dibentuk oleh Negara dengan dua tugas, yaitu membantu Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo (Jokowi)  dalam menetapkan arah bijak  Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan memberikan pertimbangan kepada presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kepala Polri (Kapolri).

Kompolnas mempunyai tiga wewenang, diantaranya mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran kepada presiden yang berkaitan dengan anggaran, Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana Polri.

Kemudian memberikan saran pertimbangan lain kepada presiden dalam upaya mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri serta menerima saran dan keluhan masyarakat mengenai kinerja kepolisian dan menyampaikannya kepada presiden.

“Singkatnya Kompolnas adalah pengawasnya polisi,” jelas mantan Kadensus 88 AT Bareskrim Polri itu.

Kompolnas Gelar Kunjungan Kerja dan Pengawasan di Selaru
Selepas penjelasan itu, Suprapto pun meminta para perwakilan dari Tomas, Toga dan Todat untuk memberikan pendapat tentang kinerja kepolisian setempat.

“Saya datang ke sini untuk minta masyarakat di Selaru ini memberi pendapat bagaimana kerja Polda, Kapolres dan Kapolsek bekerja, Polres bekerja disini. Apakah kerjanya itu sembarangan, apa sudah baik dan bagus, apakah suka menyakiti masyarakat. Di samping itu saya akan mengecek langsung,” pintanya.

Melalui sesi dengar pendapat tersebut, Suprapto memperoleh pujian tentang kinerja Polri, khususnya kepada Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Tito Karnavian yang dinilai sudah membawah begitu banyak perubahan dan gebrakan di Institusi Polri dan diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi.

Kemudian permohonan penambahan personil, penambahan sarana transportasi bagi petugas kepolisian serta keluhan terhadap beberapa oknum polisi yang bisa mencemari tubuh institusi, yaitu kerap mengonsumsi minuman keras (Miras) jenis sopi dan mengganggu kenyamanan masyarakat setempat.

Hadir juga dalam kegiatan dimaksud Staf Kompolnas Tri Hudiono dan Rhesa Damara Pratama, Inspektur Pengawas daerah (Irwasda) Kepolisian Daerah (Polda) Malaku Kombespol Porwelewono bersama staf, Kompol Hendra Haurisa, Wakapolres MTB Kompol Lodevicus Tethol, Sh., MH dan seluruh perwira dan anggota Polres, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Yohanes batseran, S.Sos bersama pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Dandim 1507 Saumlaki, Letkol. Inf. Rahmat Saeronin, Danyonif 734 SNS Letkol Inf. Beni Asman, dan Danlanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Hartanto. (Anna Aurmatin)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel