-->

Budi Setiawan Minta Masyarakat Tidak Terjebak Kubangan Hoaks

Budi Setiawan Minta Masyarakat Tidak Terjebak Kubangan HoaksJAKARTA, LELEMUKU.COM - Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Budi Setiawan meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah terjebak dalam kubangan hoaks yang saat ini memang tengah merajalela di kalangan masyarakat Indonesia.

“Hoax masih dianggap salah satu cara ampuh untuk mencari dukungan dan merusak suara lawan, dinamika politik dalam negeri menjelang PEMILU 2019 yang terdapat dua pasang calon presiden dan wakil presiden dengan persaingan yang ketat membuat segala cara dipakai termasuk HOAX dan fitnah,” jelas Brigjen Pol. Budi Setyawan dalam diskusi bertemakan “Implikasi dan Konsekuensi Bahaya Kampanye Menggunakan Hoax Pada Pemilu 2019” yang digelar oleh Indonesian Public Institute (IPI) di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3).

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat dengan jumlah pengguna internet mencapai 137 Juta orang atau sekitar 51 % Jumlah penduduk Indonesia dan aktif bermediasisial sekitar 49 % ini anggka yg luar biasa besarnya serta menjadi Salah satu yang menjadi perhatian sangat penting saat ini adalah pemanfaatan sosial media yg digunakan utk penyebaran hoax, black campaign, ujaran kebencian dan politisasi SARA.

Karo Multimedia Divisi Humas Polri mengatakan Pembuat dan penyebar HOAX akan menghadapi konsekuensi Hukum Pidana jika terpenuhi unsur-unsurnya, selain itu akan menerima sanksi sosial akibat perbuatannya.

“Dalam konteks stabilitas kamtibmas, sebaran fitnah dan HOAX berakibat tidak stabilnya keamanan dan ketertiban masyarakat yang berimbas kepada terhambatnya pembangunan nasional,”terang Jenderal bintang satu

Salah satu trik yang bisa disampikan olehnya kepada publik agar terhindar dari hoaks, adalah kewaspadaan setiap menerima informasi apalagi yang belum jelas kebenaran dan sumbernya.

“Pesan saya kepada para pengguna sosmed adalah jangan mudah emosi. Pilah dan pilih informasi. Dan yang paling penting adalah saring sebelum sharing,” tuturnya.

Jenderal bintang satu tersebut mengharapkan semua pihak untuk saling menjaga agar media sosial sebagai platform digital bebas dari konten hoaks dan berita bohong.

“Harapannya kami dari Kepolisian, siapapun tidak terjebak dalam persoalan hoaks. Pengennya ya masyarakat aman, tentram, dan nyaman ,” tutup Brigjen Pol Budi Setiawan, M.M. (HumasPolri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel