-->

Kim Jong-un dan Vladimir Putin Bertemu di Vladivostok, Bahas Hubungan Rusia - Korut

Kim Jong-un dan Vladimir Putin Bertemu di Vladivostok, Bahas Hubungan Rusia - KorutVLADIVOSTOK, LELEMUKU.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Vladivostok, kota di Rusia Timur Jauh.

Dalam pernyataan sebelum memulai pertemuan hari Kamis (25/04/2019), Putin mengatakan kepada Kim bahwa ia berharap kunjungan Kim ke Rusia akan membangun hubungan bilateral dan membantu kedua negara memahami cara mencapai penyelesaian konflik di Semenanjung Korea.

Kim mengatakan ia percaya kedua pemimpin akan mengadakan apa yang ia sebut “dialog yang sangat berarti.”

Kim diperkirakan akan mendesak Putin untuk memberikan bantuan ekonomi – khususnya pelonggaran dari sanksi-sanksi internasional yang masih diberlakukan setelah pembicaraan nuklir dengan Amerika Serikat gagal.

Uni Soviet pernah menjadi pendukung finansial utama Korea Utara. Tetapi setelah Uni Soviet bubar, Moskow memprioritaskan hubungan dengan Korea Selatan, sebelum kemudian menerapkan kebijakan “mengambil jarak yang sama” antara kedua Korea.

Ini merupakan pertemuan puncak terbaru yang banyak mendapat sorotan bagi Kim, yang sampai tahun lalu tidak meninggalkan Korea Utara sejak ia berkuasa pada tahun 2011.

Dalam setahun belakangan, Kim telah dua kali bertemu dengan Presiden Amerika Donald Trump, tiga kali dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, empat kali dengan Presiden China Xi Jinping, dan sekali dengan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong.

Meskipun mengangkat status global Kim, tetapi pertemuan-pertemuan tersebut gagal mengurangi tekanan sanksi yang merugikan ekonomi negaranya.

Setelah pertemuan puncak Kim-Trump pada Februari lalu di Hanoi berakhir tanpa kesepakatan, Amerika Serikat telah menegaskan tidak akan melonggarkan sanksi-sanksi sebelum Korea Utara berkomitmen untuk menghapus program senjata nuklirnya. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel