-->

Melkianus Sairdekut Ungguli Yondry Paays, Jabat Ketua Umum PB AMGPM 2020-2025

Melkianus Sairdekut Ungguli Yondry Paays, Jabat Ketua Umum PB AMGPM 2020-2025


AMBON, LELEMUKU.COM - Melkianus Sairdekut terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) periode 2020-2025 melalui pemilihan dalam Kongres XXIX AMGPM di Gereja Pniel Wayame Klasis Ambon Utara, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Kamis (29/10/2020) dini hari.

Sairdekut yang adalah Wakil Ketua DPRD Maluku unggul dengan mengantongi 134 suara, mengalahkan Pendeta Yondry Paays yang merupakan mantan sekretaris umum PB AMGPM dengan raihan 129 suara dari total 264 pemilih, serta 1 suara tidak sah.

Dengan selisih 5 suara, Sairdekut pun langsung ditetapkan oleh Majelis Ketua Kongres Wempy Waas sebagai ketua umum (Ketum) PB AMGPM periode 2020-2025 berdasarkan surat keputusan (SK) Kongres XXIX AMGPM nomor 13/KPTS/K-XXIX/2020.

Dalam hasil kongres yang dilaksanakan sejak 25 Oktober lalu ini, Sairdekut akan didampingi Sekretaris Umum Pdt Richard Resley yang merupakan kader AMGPM asal Kabupaten Kepulauan Aru dan Bendahara Umum Harry Songut.

Pengurus selanjutnya diantaranya; Kabid I Rudy Tupan, Kabid II Jover Frans, Kabid III Pdt Fridolin Kolenine, Kabid IV Diana Wattimena, Kabid V Billy Latubessy, Sekbid I Marten Bokoraman, Sekbid II Buce Taberima, Sekbid III Pdt Nadya Manuputty, Sekib IV Marlon Muskitta, Sekbid V Hendry Lewaherilla, Bendahara I Agustina Lesiasel dan Ben II Richard Lodar.

Terkait posisi Sairdekut sebagai Kader Partai Gerindra, Ketua DPD Partai Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa mengatakan bahwa tidak relevan jika memandang hal ini dari sudut pandang politik. Melainkan harus dilihat sebagai kader AMGPM dan warga GPM yang setia dan memiliki komitmen bergereja yang kuat.

“Sebagai pimpinan Partai Gerindra di Maluku, saya tidak mungkin melarang saudara Eky Sairdekut untuk maju dalam kontestasi organisatoris AMGPM karena itu merupakan hak yang bersangkutan sebagai kader AMGPM dan sebagai warga GPM,” tegasnya kepada Siwalimanews.com.

Lewerissa juga membantah, kalau Gerindra mendorong Sairdekut untuk maju sebagai calon ketua umum. Sebab yang bersangkutan sendiri yang ingin mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PB AMGPM.

“Tidak ada sangkut pautnya dengan urusan politik. Tidak benar, kalau majunya Sairdekut karena didorong dorong oleh Partai Gerindra, info itu salah dan menyesatkan sebagai sesama kader AMGPM,” tandasnya.

Lewerissa juga menyarankan kepada Sairdekut untuk patuh dan tunduk pada mekanisme dan aturan AMGPM, apapun hasil keputusan kongres nanti.

“Jika terpilih menjadi ketua umum maka harus melaksanakan amanah kongres secara bertanggung jawab, bekerja keras dan buktikan bahwa AMGPM akan lebih maju dibawah kepemimpinannya,” ujarnya. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel