-->

Dukun Beranak dan Bidan di MTB adalah Mitra

Dukun Beranak dan Bidan di MTB adalah MitraSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, dr. Laura mengungkapkan biang atau dukun beranak merupakan mitra dari petugas kesehatan yang tertuang dalam program Kesehatan yang disebut Kemitraan Bidan dan Dukun.

“Dukun yang terlatih maupun yang tidak terlatih itu selalu kita rangkul dan kita jalin kemitraannya yang namanya kemitraan bidan dan dukun,” ungkap dia kepada Lelemuku.com, pada Sabtu (28/04).

dr. Laura menjelaskan Kemitraan tersebut merupakan acara khusus dimana Dinas Kesehatan akan mendampingi pihak Puskesmas, para bidan, kader puskesmas untuk menjalin mitra bersama para dukun terlatih dan tidak terlatih. Setelah itu akan ada pelatihan lagi yang diberikan dari pihak puskesmas kepada dukun. 

“Untuk menciptakan seorang dukun menjadi terlatih itu harus ada pelatihan khusus lagi dengan dukun atau pelatihan biang,” jelas ia.

Kepala Puskesmas Saumlaki ini mengakui ketika pihaknya melakukan kunjungan ke desa-desa dan kelurahan yang terdapat dukun, mereka mengambil inisiatif untuk menjalin kemitraan dengan dukun tersebut.

“Kita akan duduk, berbincang-bincang membicarakan masalah-masalah tentang ibu dan anak serta tentang kebidanan,” aku dokter.

Puskesmas Saumlaki juga sudah pernah membuat kesepakatan di mini lokakarya lintas sektor kecamatan dan desa bahwa bersalin harus ditolong oleh tenaga kesehatan. Seorang dukun hanya boleh mendampingi, menemani dan mengarahkan pasien ke tenaga medis, tetapi tidak boleh lagi menolong persalinan. Persalinan hanya boleh dilakukan oleh tenaga kesehatan.

“Persalinan hanya boleh dilakukan oleh bidan, perawat dan dokter atau dirujuk ke rumah sakit juga puskesmas rawat inap,” himbau dia. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel