-->

Pentingnya Jaga Kesehatan Diri Saat Menstruasi

Kepala Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, dr. Laura menghimbau Pentingnya Jaga Kesehatan Diri Saat MenstruasiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, dr. Laura menghimbau kepada para wanita usia produktif, yaitu usia 15 hingga 45 tahun , yang masih mengalami siklus menstruasi agar menjaga kesehatan dan kebersihan diri saat haid.

“Bagi para wanita usia produktif 15 sampai 45 tahun yang masih mengalami menstruasi, sangatlah penting menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Baik kebersihan diri secara keseluruhan maupun kebersihan organ intim wanita,” himbau ia kepada Lelemuku.com melalui pesan singkat, pada Selasa (29/05).

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam Rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding Rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal. Sehingga dr. Laura mengajak agar para wanita dalam masa menstruasi tetap harus menjaga organ kewanitaannya tetap bersih dengan memakai pembalut wanita secara teratur dan menggantinya secara rutin.

“Wanita yang dalam masa menstruasi tetap harus bersih dengan memakai pembalut wanita dan teratur mengganti pembalut pada saat harus ganti pembalut, maksimal mandi 2 kali sehari,” katanya.

Ia menuturkan saat sedang menstruasi para wanita disarankan untuk membersihkan area kepala, khususnya rambut dan wajah dengan seksama agar terhindar dari jerawat, flek hitam, ketombe dan kulit kepala berminyak karena pada masa haid produksi minyak pada wajah dan kulit kepala akan meningkat.

Khusus kepada para remaja harus memperhatikan pola makan agar seimbang, pola istirahat dan aktifitas fisik teratur, agar kesehatan bagian reproduksi saat haid tetap terjaga dan sehat pada masa pertumbuhan.

Serta bagi kaum wanita yang sudah menikah sebaiknya tidak melakukan hubungan intim atau seksual dengan pasangan pada saat haid, karena masa haid mulut rahim sedang terbuka dan adanya media darah menstruasi yang dapat menjadi media penular penyakit, yang berhubungan dengan Penyakit Menular Seksual (PMS).  

“Saat menstruasi produksi minyak pada kulit wajah dan kulit kepala meningkat sehingga harus membersihkan wajah, area kepala dan rambut dengan seksama agar terhindar dari jerawat, flek hitam, ketombe dan kulit kepala berminyak,” tutur dr. Laura.

Ia juga mengucapkan selamat memperingati Hari Kebersihan Menstruasi, yang jatuh tepat di tanggal 28 Mei 2018 kepada seluruh kaum wanita di Kepulauan Tanimbar.

“Selamat Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei 2018,” ucap Kepala Puskesmas Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) ini. (Eva Bembuain) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel