-->

Yunus Fredek Batlayeri Gelorakan Semangat Melaut Atasi Corona di Seira

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Yunus Fredek Batlayeri menyatakan pihaknya gencar gelorakan semangat untuk terus melaut di masa New Normal atau tatanan kehidupan baru mengatasi pandemic Virus Corona (COVID-19) kepada seluruh masyarakat Desa Seira, Kecamatan Wermaktian.

“Kami terus gelorakan semangat melaut kepada masyarakat sebagai jawaban pencegahan COVID-19 dalam mengantisipasi pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu sektor yang mendukung program pembangunan nasional saat ini adalah sektor perikanan yang masih tetap berjalan normal sampai hari ini, sektor lain semua lumpuh karena dampak COVID-19. Perikanan adalah sektor unggulan di tengah wabah corona,” kata dia kepada Lelemuku.com pada Kamis (18/06/2020).

Menurut Batlayeri, Maluku merupakan provinsi kepulauan dengan potensi sumberdaya perikanan tangkap yang besar dan di Tanimbar lumbung ikan terbesar terdapat di Desa Seira, sehingga pihaknya pun menaruh perhatian lebih bagi masyarakat setempat agar terus menjadikan laut sebagai peluang hidup di masa pandemic demi meningkatkan ekonomi nasional.

“Seira merupakan lumbung perikanan di Tanimbar, itu landasan sehingga dari aspek kemitraan sebagai sentra kelautan terbesar Indonesia timur dan didorong dengan penetapan lumbung ikan nasional Maluku. Maka sentra perikanan terbesar yang ada di Tanimbar adalah di seira,” ujarnya.

Batlayeri mengungkapkan demi membuat semangat melaut masyarakat tetap terjaga dan keberlangsungan pekerjaan para nelayan, pihaknya bersama mitra kelautan memberikan beberapa bantuan, diantaranya bantuan beras bagi seluruh kepala keluarga (KK) dan rantai dingin perikanan, seperti tali, alat budidaya, perangkat budidaya dan alat tangkap ikan seperti jaring.

“Dinas perikanan bekerjasama dengan mitra perikanan punya kepeduliaan terfokus, kami serahkan bantuan beras ke sleuruh KK yang ada di lima satu Seira ini. Respon dari masyarakat sangat simpati sekali baru perna terjadi, sehingga kami sarankan kepada mitra-mitra usaha lainnya pun bisa membantu dengan tupoksi masing-masing,” ungkapnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel