-->

Sasar Lokal Picu Gempang di Bogor dan Sekitarnya

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M3,5 pada Minggu (09/08/2020) pukul 18.52.42 WIB.

Menurut Kepala Bidan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Dr. Daryono, S.Si., M.Si bahwa episenter terletak pada koordinat 6,63 LS dan 107,02 BT tepatnya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, dengan kedalaman dangkal 10 kilometer. Desa Wargajaya terletak di kawasan pegunungan di sebelah timur Kota Bogor.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar lokal yang aktif di wilayah tersebut.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) dan berdasarkan laporan dari masyarakat, menunjukkan bahwa gempa ini dirasakan di wilayah Bogor dan Cianjur utara dalam Skala Intensitas III MMI dimana guncangan dirasakan seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa ini juga dirasakan lemah di wilayah Depok dan sebagian Jakarta dalam skala Intensitas II MMI dimana guncangan dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak khawatir berlebihan. Di lokasi episenter gempa ini tidak terdapat sumber gempa yang kredibel sehingga gempa ini tidak akan memicu terjadinya gempa dengan kekuatan yang lebih besar. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel