-->

16 Tahun Dibangun, Patung Yesus Memberkati di Monumen Kristus Raja Akan Direhab


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Damy Lamere menyatakan Patung Yesus Memberkati di Monumen Kristus Raja yang berlokasi di Desa Olilit Timur, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) wajib direhabilitasi atau diperbaiki dalam waktu dekat.

Ia mengungkapkan dalam kawasan tersebut ada tiga patung, diantaranya Patung Yesus Disalib yang menghadap ke arah Utara, Patung Yesus dipangku Bunda Maria menghadap ke arah Timur Laut dan Patung Yesus Memberkati menghadap ke arah Timur. Dari ketiganya, patung Yesus Memberkati yan membutuhkan perhatian khusus sebab pada bagian bawah patung sudah karat dan rusak. 

“Secara teknis, patung itu sudah harus direhab atau perbaiki. Kalau ini dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan waktu Angin Musim Barat, patung ukuran dua meter itu bisa jatuh atau rubuh karena memang dudukannya itu yang dibuat sekarang ini dari besi siku dan sudah berkarat,” ungkap Lamere di ruang kerjanya kepada Lelemuku.com pada Kamis (03/09/2020).

 
Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Wakil Uskup Wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD), RD. Simon Petrus Matruty saat melakukan survey. Pihaknya memutuskan monumen yang begitu identkc dengan kegiatan keagamaan bagi Umat Katolik, mulai dari sembahyang, misa hingga sebagai tempat penyimpanan arak-arakan patung arca Yesus digelar itu akan diperbaiki dalam dua tahapan di tahun 2020 ini pada fondasi patung dan di awal tahun 2021 depan pada arca.

“Tadi siang kami survey, nanti kemudian ditindaklanjuti oleh staf Bina Marga untuk kemudian mereka menggambar lalu menghitung anggaran dana yang dibutuhan. Secara teknis kita akan potong kemudian kita sambung dengan cor kembali, kita buat kedudukan yang baru. Sedangkan kalau cuma sambung saja, ada kekhawatiran tidak kuat,” aku Lamere.

Monumen Kristus Raja juga merupakan objek wisata rohani keunggulan daerah tersebut yang mirip seperti di Rio de Janeiro, Brasil dan di Puncak Buntu Burake, Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang telah dibangun pada tahun 2004 oleh pemerintah daerah. Kemudian pada 2006 monumen itu diresmikan dan diberkati oleh Duta Vatikan untuk Indonesia kala itu, Mgr. Ranjit Patabendigde. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel