-->

Kodim Tobelo dan BPTP Maluku Utara Panen Padi Bersama di Soahokum

Kodim Tobelo dan BPTP Maluku Utara Panen Padi Bersama di Soahokum
SOAHUKUM, LELEMUKU.COM - Dalam rangka percepatan swasembada pangan melalui Upaya Khusus padi jagung kedelai (Upsus Pajale) di Kabupaten Halmahera Utara, dilaksanakan serangkaian acara Panen Raya Padi imparit 37 Lanrang dan Dialog Pertanian serta Sergab dukungan Upsus Pajale, bertempat di Desa Soahokum, Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada Selasa (13/03).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Provinsi Malut bekerja sama dengan instansi terkait. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPTP Malut Ir. Bram Bhramantiyo M.Si, menyampaikan kami dari badan Litbang selalu mencari jalan keluar untuk meningkatkan benih dan panen padi kepada masyarakat Kao Barat.

"Kami mendapat tugas dari Kementerian untuk melaksanakan Sergab (Serap Gabah) dari para petani dan ada beberapa daerah yang spesifik dan penyedia dana dari PT. Bank BRI dan bekerja sama dengan TNI," ujar dia.

Dukungan inovasi adalah bagian dari upayanya, sehingga pihaknya dipercayakan untuk melaksanakan Sergab dan inilah awal dari kita untuk meningkatkan hasil panen oleh para petani padi. 
"Keunggulan padi imparit 37 lanrang adalah tahan tungro, rasa nasinya pulen, toleran rebah dan berdasarkan hasil ubinan mendapat hasil 7,8 Ton per H GKP," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Halut Valentino .E. Lewakabessy mengucapkan terima kasih karena kegiatan yang dilaksanakan Kao Barat merupakan upaya pengembangan Halut sebagai lumbung padi.

"Kami akan berupaya untuk meningkatkan hasil panen sehingga kita menkonsumsi beras lokal. Kami senantiasia melaksanakan kolaborasi dengan instansi terkait untuk mendorong peningkatan produksi pertanian kita di padi sawah. Kami juga berterima kasih atas dukungan TNI dalam meningkatkan kebutuhan pangan yang mana apabila kami tidak dibantu TNI maka ini tidak akan berjalan sesuai harapan yang kita inginkan," ujar dia.

Selanjutnya Kepala Staf Kodim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel mengatakan, kami dari pihak TNI mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama yang dilakukan dan semua yang telah diberikan kepada masyarakat. 

"Kami mengharapkan kepada para petani agar dapat menggarap lahan yang kemarin kami sudah laksanakan kegiatan cetak sawah," ujar Dandim.

Ia meminta agar para petani yang telah melaksanakan penanaman padi, agar mensosialisaikan kepada masyarakat lokal untuk bertani dibidang padi.

"Supaya dapat dipahami oleh masyarakat serta dapat dibuatkan kajian sampai ditingkat pusat agar dapat dibagi menjadi beberapa zona untuk pembelian gabah dari petani," harapnya. 

Hadir dalam acara tersebut Kepala BPTP Malut, Ir. Bram Bhramantiyo M.Si, Kasi Produksi Tanaman Pangan Distan Prov Malut Sahlan Turuy, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel, Kadistan Halut Valentino .E. Lewakabessy, Kasi Pengadaan Bulog Prov. Malut Malik Abd. Wahab, BP2STP diwakili oleh Pengawas Benih Tanaman Suriadin, Kadis Pangan Halut Samud Taha, Kepala Cabang Bank BRI Tobelo Adhi Nugroho, Peneliti Lolit (Loka Penelitian Tungro) Wasis Senoaji, Staf BPS Halut Habibulah, Camat Kao Barat A. Nanlohi, Danpos Kao Barat Ramil 1508-03/Kao Serma Broery Kelmanutu, Kepala Sub Sektor Kao Barat Ipda A. Sanggaria, BP3K Kao Barat Philips, Para Kades, para Babinsa Kao Barat, Para Kapok Tani Kec. Kao Barat. (Penrem152)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel