-->

Harga Ubi Capai Rp25.000 Per Tumpuk di Sifnana

Harga Ubi Capai Rp25.000 Per Tumpuk di SifnanaSIFNANA,LELEMUKU.COM – Harga Ubi di pasar Omele Sifnana, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku mencapai Rp25.000 per tumpuk.

Menurut  salah satu pedagang ubi, Mama Idah bahwa dirinya menentukan harga ubi dilihat dari ukuran ubi tersebut, yaitu ubi ukuran besar, sedang dan kecil.

“Saya jual dengan harga yang berbeda. Ubi ukuran besar harganya Rp25.000, Sedangkan yang ukuran sedang dijual harga Rp15.000 dan yang ukuran kecil saya jual dengan harga RP10.000. Masing-masing tumpuknya ada 3 buah ubi,” ungkap Mama Idah kepada Lelemuku.com, pada Kamis (08/03).

 Ia mengatakan ubi yang didagangnya adalah salah satu makanan khas masyarakat kepulauan Tanimbar atau yang sering disebut dengan makanan tanah ini dijual bukan setiap bulan tetapi setiap musimnya.

“Ubi-ubi ini dijual tidak setiap bulan tapi setiap musim panen ubi saja. Untuk olahannya bisa dengan digoreng dan direbus dengan santan kelapa,” kata Mama Idah.

Ia membeberkan kalau keuntungan yang diperolehnya berkat kerjasama bersama dengan para petani yang ada di Desa Lermatang, Kecamatan Tanimbar Selatan.

“Kini saya tidak berkebun lagi namun saya bekerja sama dengan para petani yang ada di desa lermatang. Biasanya kalau musim panen ubi langsung saya beli hasilnya dan menjual kembali dengan menaikan sedikit harganya, supaya saya juga untung,” beber Mama Idah.

Mama Idah juga menjelaskan kalau tanaman ubi adalah tanaman yang mempunyai daya tahan sangat kuat, tidak mudah rusak. Musim panen ubi di Bumi Duan Lolat ini biasanya pada Bulan Oktober kalau dipanen pada bulan lain ukuran ubi akan kecil.

“Ubi ini juga di tanam pada bulan  desember atau bulan januari. Kalau tidak ditanam pada bulan tersebut maka ubi itu akan tumbuh namun isinya tidak terlalu besar,” jelas dia. (Anna Aurmatin)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel