-->

Pusat Kegiatan Gugus (PKG) II Tansel Wisudakan 189 Siswa PAUD dan TK

Pusat Kegiatan Gugus (PKG) II Tansel Wisudakan 189 Siswa PAUD dan TKSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Pusat Kegiatan Gugus (PKG) II Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku gelar pelepasan dan wisuda siswa-siswi PAUD dan TK di Gedung Kesenian, Jln Ir Soekarno, Kelurahan Saumlaki pada Rabu (6/6) pukul 10.07 WIT.

Kegiatan ini dihadiri oleh para siswa-siswi dari Taman Kanak-kanak (TK) Layongar Lermatang, Pendidikan Anak Urusan Dini (PAUD) Terpadu Anggrek Saumlaki, TK Dharma Wanita Saumlaki, TK ElShaday Saumlaki, TK Michael 1 Saumlaki, TK St Aloysius Olilit Timur, PAUD Terpadu Mutiara Ibu Saumlaki, PAUD Anggrek Putih Saumlaki, PAUD KRIA Kids Saumlaki dan TK Don Bosco 1 Olilit Timur.

Dalam laporannya, Ketua Ketua PKG  II Tansel, Reni Rahanmetan, S.Pd menyatakan kegiatan wisuda bagi PAUD merupakan program Gabungan Organisasi Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOP TKI) dari Pusat sampai ke Kecamatan ini merupakan sarana penyemangat anak-anak.

"Memberi motifasi bagi anak untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih lanjut, bukan hanya sampai SMA tapi sampai ke pendidikan Perguruan Tinggi," kata dia.

Selain itu, kegiatan yang berdasar pada Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional dan UU Nomor 13 Tahun 2014 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 mengenai Perlindungan Anak ini memiliki dua tujuan utama.

"Yakni melepaskan siswa-siswi PAUD di Pusat Kegiatan Gugus II untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Dasar dan memberikan motifasi kepada orang tua dan kepada para wisudawan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan cita-citanya," ujar Reni.

Selanjutnya oleh Kepala Bidang Kurikulum pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan MTB Nel Layan, S.Pd, M.Si mewakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutanya mengajak semua pihak dapat mendukung proses pendidikan akan sejak dari usia dini.

"Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan yang sangat pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Kegiatan wisuda saat ini merupakan bukti kepedulian orang tua, masyarakat dan pemerhati pendidikan terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini," ujar dia.

Dikatakan, PAUD merupakan salah satu strategi pembangunan Sumber Daya Manusia yang haruslah dipandang sebagai titik sentral dan sangat fundamental serta strategis, mengingat bahwa usia dini ini merupakan usia keemasan, namun sekaligus merupakan periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia.

"Jadi perlu adanya perhatian pada penyelenggaraan program PAUD, antara lain Pemberian pembelajaran yang menyenangkan melalui belajar sambil bermain dalam arti manfaat pembelajarannya ditemukan melalui pengalaman bermainnya," saran Nel.

Selain 189 peserta wisuda dan para orang tua yang berasal dari 10 lembaga pendidikan itu turut hadir Wakil Ketua TP.PKK MTB, Yanti Bungaa, Plt.Camat Tanimbar Selatan,  Benyamin Blasius Samangun, Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Selpi Elsina Hukubun, S.Sos, Ketua Gabungan Organisasi Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOP-TKI) MTB,  A. Rangkoratat, Ketua IGTKI MTB, Haluruk, Pdt. Ranguly, S.Th, perwakilan Desa dan Kelurahan, Kepala Sekolah, guru dan pembina PAUD TK/PAUD se-Gugus II Kec.Tansel, beserta para tamu undangan. (Eva Bembuain)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel