-->

Umat Muslim di MTB Siap Laksanakan Takbiran dan Shalat Ied

Umat Muslim di MTB Siap Laksanakan Takbiran dan Shalat Ied
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku menyatakan umat muslim di wilayahnya akan melaksanakan takbiran akbar dan shalat Ied 1 Syawal 1439 Hijriah di Kota Saumlaki.

“Pawai takbiran keliling kota Saumlaki dengan rute yang sama, kita mulai dari Polres, ke Olilit, Tanjung Batu, masuk Pasar Lama sampai menuju ke Sifnana, jalan poros baru sampai kantor bupati dan  finisnya kembali di Polres. Sementara idul fitri dilakukan sholat di lapangan polres pada jam setengah tujuh pagi,” ungkap Ketua MUI MTB, H. Tamsil. H kepada Lelemuku.com, pada Rabu (13/6).

Dikatakan semua elemen masyarakat akan terlibat dalam pawai takbir yang mengusung kebersamaan dalam dalam kesatuan persaudaraan dengan menghadirkan Pemerintah Daerah (Pemda), Muspida, Tokoh Lintas Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh warga di MTB. 

“Pesertanya itu kurang lebih seribu orang, dan itu bukan muslim saja, tapi non muslim juga ikut, guna meramaikan dan mereka ikut supaya bisa kita lebih hidup semangat dalam toleransi di Kabupaten MTB ini,” ujar dia.

Sementara, terkait imam yang akan memimpin pada Salat Idul Fitri, pihaknya masih akan menunggu konfirmasi dari Imam yang berasal dari Pulau Seram.

Pihaknya juga berharap agar dibulan penuh berkat  ini,  semua pihak dapat bekerjasama dalam membina kerukunan sehingga jalinan kebersamaan yang terwujud dalam keterlibatan semua elemen dari lintas agama dapat semakin ditingkatkan.

“Mudah-mudahan Shalat Id dapat berjalan lancar, selain tidak hujan  juga agar aman. Kami juga mengsjsk masyarakat agar ikut menjaga keamanan bersama polisi dan pemuda-pemuda gereja,” papar Haji Tamsil.

Dikatakan, sukacita pada Hari Idul Fitri akan terwujud dengan saling bermaafkan, bukan hanya kepada sesama Muslim. Tetapi kepada semua umat manusia tanpa memandang agama, suku dan tradisi. Sebab ikatan kekeluargaan kita disini itu makin erat terutama kita seluruh tokoh agama disini kita saling medukung dan saling kerjasama saling toleransi.

“Tujuan kita di bulan suci Ramadhan inikan kita kembali Fitra yaitu menyucikan diri. Dan itu belum cukup dengan menyucikan diri tetapi itu harus kita minta maaf kepada teman-teman terutama orang tua dan orang lain juga yang mungkin kita ada bersalah. Mari kita bersama-sama saling meminta maaf di bulan suci ini ,” ajak dia. (LauraSobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel