Generasi Muda Tolaki Lakukan Unjuk Rasa dan Rusakkan Sejumlah Fasilias di Kendari

KENDARI, LELEMUKU.COM - Sekelompok massa di #Kendari, Sulawesi Tenggara #Sultra, turun ke jalan. Aksi mereka membuat lalu lintas macet. Massa terlihat berlarian di jalan raya pada , Kamis (17/9/2020).

Menurut Kabid Humas Polda Sultra Kombes Ferry Walintukan , sekitar ratusan orang massa dari Generasi Muda Tolaki Sulawesi Tenggara tersebut tampak membawa tongkat dan memukulkan tongkat tersebut ke papan toko, umbul-umbul di jalan raya. Beberapa orang lainnya membawa bendera kelompoknya, ada juga yang membawa bendera Merah Putih.

Walintukan menyebut demo itu terjadi siang tadi, sekitar pukul 14.00-15.00 Wita dan menuntut polisi agar segera menuntaskan kasus penghinaan terhadap masyarakat adat #Tolaki dan intimidasi terhadap seorang #ustaz di #Kolaka. Massa juga menuntut Kapolda Sultra menemui mereka di perempatan jalan.

"Sesudah itu mereka minta ketemu sama Kapolda di perempatan itu Demo tidak ada STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan)-nya, tapi tetap kami kawal oleh personel Polres Kendari. Ya gimana, demo tidak ada STTP, lalu minta Kapolda datang," lanjut Ferry.

Ferry menuturkan aparat Polres Kendari telah berupaya membubarkan massa yang meradang. Namun ternyata konsentrasi massa tak hanya di satu titik, melainkan di dua titik. Aksi massa di lokasi lainnya itu tak terkawal aparat.

Kelompok yang anarkis, tambah Ferry, merusak lampu lalu lintas, portal pusat perbelanjaan Lippo Mall, rambu lalu lintas dan papan toko. Mereka juga membakar ban. Anggota di lapangan membubarkan, sekitar pukul 16.00-16.30 Wita.

Dari kejadian itu, aparat menangkap 4 orang yang diduga terlibat perusakan. Salah satu di antaranya anak di bawah umur.(Albert Batlayeri)

Bagi ke WA Bagi ke G+