-->

Laris Manis Daun Sirih di Pasar Omele Sifnana

Laris Manis Daun Sirih di Pasar Omele SifnanaSIFNANA, LELEMUKU.COM – Harga daun sirih yang dililit dengan tali rafia di Pasar Omele Sifnana, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku  masih  berada pada kisaran Rp 5.000 per ikat. Menurut salah satu penjual sirih di Pasar Omele Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Yulitaha Londar bahwa harga ini adalah harga standar menjual daun sirih.

“Harganya Rp5.000 ada 12 helai daun sirih dan diikat saling berhadapan, sebelah kanan ada enam helai begitupun sebelah kiri,” kata Yulitaha saat ditemui oleh Lelemuku.com, Pada Rabu (11/04).

Ia menambahkan jika musim hujan jumlah daun sirih yang dijual akan lebih sedikit, yaitu hanya 5 helai saja dan dijual dengan harga yang sama.

“Daun sirih dijual tergantung dengan musim, kalau musim hujan kan tumbuhan subur jadi saya jual banyak tapi kalau musim panas daun sirihnya saya jual hanya 5 helai daun per ikat, harganya sama saja,” tambah Yulitaha.

Masyarakat Kepulauan Tanimbar biasanya akan mengunyah daun tersebut bersama dengan buah pinang dan kapur dengan cara mengunyah. 

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman obat batuk, sariawan, bronchitis, jerawat, keputihan, sakit gigi karena berlubang, demam berdarah, bau mulut, haid tidak teratur, asma, radang tenggorokan, gusi bengkak, membersihkan mata dan bau ketiak. (Anna Aurmatin)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel